Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Memilih Penutup Genteng Atap Rumah

Atap menjadi salah satu bagian penting dalam Desain Eksterior membangun rumah. Atap berfungsi untuk melindungi penghuni di dalamnya dari terik matahari dan hujan. Selain itu, atap juga menjadi bagian elemen estetik yang patut dipertimbangkan. Bentuk atap akan memengaruhi pemilihan penutup atapnya. Berikut ragam jenis penutup atap yang bisa Anda jadikan pilihan.

Memilih Penutup Genteng Atap Rumah

Genteng tanah

Penutup atap yang satu ini sangat familiar di masyarakat, dibuat dari bahan baku tanah liat yang diolah secara khusus. Ada banyak perusahaan genteng yang menyediakan produknya, baik itu perusahaan besar maupun kecil. Genteng yang berasal dari pabrikan besar memanfaatkan teknologi yang modern. Bisa dilihat dari tampilan genteng yang memiliki glazur dengan variasi warna yang beragam. Genteng juga memiliki pengunci (sistem interlock) yang sengaja dibuat agar ketika terpasang bisa saling mengikat. Genteng ini juga lebih presisi dan seragam, sehingga lebih rapi ketika dipasang pada atap.
Genteng pabrikan kecil biasanya memiliki tampilan permukaan yang lebih sederhana. Warnanya berasal dari proses pembakaran tanah liat dan memiliki tingkat presisi yang lebih rendah. Banyak dijual di toko material tradisional dengan harga yang jauh lebih murah katimbang genteng pabrikan.

Genteng beton

Bahan penutup atap ini dibuat dari campuran semen dan pasir yang dicetak melalui proses pabrikan. Sesuai namanya, genteng beton memiliki berat satuan yang lebih berat katimbang genteng tanah. Ukuran genteng juga relatif lebih besar dari genteng tanah. Untuk permukaannya relatif lebih kasar dan kerap diberi warna untuk memperindahnya. Namun teknologi modern telah menghasilkan genteng beton dengan permukaan yang lebih halus dan berfinishing. Genteng beton ini memiliki permukaan yang datar dengan ukuran relatif lebih kecil dan ringan. Banyak digunakan pada rumah-rumah bergaya Minimalis atau Modern.

Atap bitumen

Inovasi yang paling baru dan belum begitu familiar di masyarakat penggunaan atap berbahan bitumen (aspal). Penutup atap ini lebih bervariasi dari hal bentuk dan desain. Atap bitumen ada yang dibuat berupa lempengan kecil tipis, lembaran bergelombang, dan lembaran bentuk genteng. Genteng dengan lembaran tipis banyak dipakai pada rumah-rumah Minimalis yang menginginkan tampilan atap yang unik. Atap bitumen dengan lembaran bergelombang (mirip atap asbes) dipakai untuk rumah yang memiliki kemiringan atap yang curam. Jenis atap ini juga lebih mudah dibentuk, apabila desain atapnya melengkung. Ukurannya memiliki panjang dua meter dan lebar 95 centimeter.

Variasi atap bitumen berupa lembaran dengan bentuk mirip genteng yang tersusun. Dari jenis atap bitumen ini tersedia variasi warna yang menarik. Hanya saja warnanya masih sangat terbatas. Untuk aplikasi juga membutuhkan paku khusus untuk mengikat genteng pada rangka atap. Berat rata-rata atap bitumen 2,7 kg.m2, jauh lebih ringan dari genteng tanah maupun beton.
Bahan atap lainnya
Tiga jenis atap di atas yang umum digunakan untuk rumah-rumah bertingkat dan membutuhkan elemen estetika yang lebih. Ada juga material atap lainnya yang bisa digunakan seperti atap asbes, seng, maupun polikarbonat. Hanya saja jarang digunakan untuk bagian atap utama. Ada beberapa hanya dipakai sebagai atap di area servis seperti area jemuran, atap Teras, Carport, dan lainnya.

Atap buka-tutup

Tidak hanya kebutuhan atap utama yang dibutuhkan dalam menutup atap. Ada juga bagian atap yang berfungsi sebagai elemen skylight atau sirkulasi udara dan cahaya yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Biasanya jenis penutup atap ini digunakan pada area belakang rumah. Misal area void Taman atau area jemuran. Material atap ini bisa difungsikan atau digerakan secara manual atau remote. Jadi ketika sore atau hujan secara tiba-tiba, atap bisa segera ditutup.

Nah itulah tadi mengenai artikel desain rumah idaman, untuk artikel yang lainnya anda dapat membaca Konsep Desain Model Ruang Tamu Rumah Minimalis Modern pada konsep rumah minimalis modern


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Memilih Penutup Genteng Atap Rumah

Posted by Mandy Bulles, Published at 10.53.

Comments Facebook :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar