Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Rumah Mungil dengan Fasad Kaca

Lahan terbuka yang semakin terbatas membuat hunian di kota-kota besar yang dibangun lebih cerdas. Selain harus lebih fungsional mengakomodasi kebutuhan penghuninya, desain rumah juga sebisa mungkin ramah lingkungan. Memaksimalkan sumber energi alami dengan menggunakan material kayu, batu alam, dan kaca masif pada fasadnya. Salah satu desain rumah ideal yang menggambarkan kebutuhan ini adalah karya dari Ahmad, mahasiswa Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta berikut ini.

Rumah Mungil dengan Fasad Kaca


Desain Eksterior Bangunan mungil

Dirancang di atas lahan seluas 120 m2, rumah ini diperuntukkan untuk keluarga kecil dengan dua anak. Layout ruangan disusun sedimikian rupa sehingga mampu mengakomodasi fungsi-fungsi ruang utama dalam sebuah rumah. Teras, Ruang Tamu, dua buah Kamar Tidur, Dapur, dan Kamar Mandi dalam bangunan seluas 45 m2. Untuk ukuran rumah dengan luas bangunan di bawah 50 m2, desain rumah ini tergolong mungil. Rumah ini juga dirancang untuk tumbuh dengan menyediakan area yang dapat dikembangkan menjadi lantai dua pada sisi kanan bangunan. Area ini didesain dengan atap beton agar saat dilakukan penambahan lantai dapat meminimalisasi material yang terbuang.

Arsitektur Tropis

Mendukung kampanye rumah ramah lingkungan, desain rumah ini hanya memanfaatkan 40% lahannya untuk bangunan. Sisanya (60%), digunakan sebagai area terbuka hijau. Dua buah Taman terdapat dalam rumah ini. Selain itu, penggunaan material arsitektur tropis dengan menerapkan finishing batu alam pada dinding, material kayu pada grill sebagai aksen gaya minimalis, kaca masif pada fasad, dan atap perisai yang merupakan aksen arsitektur tropis dan cocok dengan iklim di Indonesia. Plafon yang dirancang tinggi dnegan banyak bukaan membuat hawa dan sirkulasi cahaya serta udara dalam ruangan berlangsung baik. Konsep arsitektur Tropis yang terbuka membuat rumah ini bukan hanya ramah lingkungan, tapi juga ramah untuk penghuni dan tamu yang datang.

Nah untuk artikel Desain Rumah Minimalis yang lainnya anda juga dapat membaca pada Konsep Pada Denah Rumah Minimalis Modern Type 54 dan Memilih Penutup Genteng Atap Rumah


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Rumah Mungil dengan Fasad Kaca

Posted by Mandy Bulles, Published at 11.01.

Comments Facebook :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar